Program pendidikan GeMaRI adalah pendidikan alternatif yang dikenal dengan Kegiatan Anak GeMaRI (KAMAR) yaitu sebuah program pendidikan gratis yang disumbangkan kepada anak-anak dengan tujuan menumbuhkan kembali bakat maupun potensi pada diru anak didik. Program ini bertujuan untuk melakukan peningkatan kapasitas anak dalam bidang intelegensi, emosional, spiritual dan kreatifitas. Pendidikan Anak Aceh merupakan issue penting bagi daerah Nanggroe Aceh Darussalam pasca konflik berkepanjangan, anak-anak sebagai kelompok yang cukup rentan sering sekali menjadi korban akibat konflik politik di bumi Serambi Mekkah. Anak Aceh telah kehilangan dunianya sejak 30 tahun terkhir. Maka dengan Program Pendidikan Alternatif inilah yang diharapkan menjadi pilihan baru anak-anak di Nanggroe Aceh Darussalam untuk menikmati masa kecil dan mendapatkan pengetahuan yang berkualitas.
Dampingan Kegiatan Anak GeMaRI (KAMAR)
Pendampingan anak-anak merupakan bagian penting dari konsep Pendidikan Alternatif, Kegiatan tersebut sudah berlangsung selama 1 tahun kebelakang yang dilakukan dalam 2 (dua) kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang yaitu daerah desa Paya Ketenggar Kecamatan Manyak Payed dan desa Muka Sungai Kuruk Kecamatan Seruway. Pendidikan Alternatif disini adalah bentuk pengembangan minat bakat anak diluar pendidikan formal seperti menggali potensi anak lewat kreatifitas, seni, dengan melibatkan partisipasi dari orang tua dan masyarakat sekitar dalam mendukung kegiatan ini.
Workshop Program Pendidikan Alternatif
Pada Kegiatan ini GeMaRI Mengembangkan kegiatan yang disesuaikan dengan sosial kultural masyarakat setempat dengan melibatkan pemangku adat dan tokoh masyarakat dalam melakukan pendampingan Program Pendidikan Alternatif bagi anak-anak. Pengembangan Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan perwakilan masyarakat desa setempat, khususnya dalam memberikan masukan materi-materi belajar pada anak-anak. Dalam melakukan pengembangan program, GeMaRI melibatkan Community Organizer (CO) pendampingan lokal diseluruh dampingan yang dilakukan dalam menjalankan Program Pendidikan Alternatif bagi anak-anak.
Kunjungan Lapangan
Metode belajar yang di kembangkan melalui aktivitas kunjungan lapangan yang dilakukan oleh anak-anak dampingan GeMaRI ketempat-tempat rekreasi lingkungan, merupakan langkah awal proses pengenalan lingkungan dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan disekitar kita.
Kegiatan ini adapun bertujuan sebagai bagian dari proses belajar yang cukup efektif sejak usia dini, dan ini harus ditanamkan pada jati diri mereka akan kecintaan mereka kepada lingkungan hidup.
Kegiatan Anak
Anak-anak dampingan GeMaRI aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, lembaga lokal maupun event organizer (EO), khusunya pada kegiatan menyambut Hari Anak Nasional maupun Hari Buku. Kegiatan Anak ini bertujuan untuk sebagai ajang ekspresi bagi anak-anak dampingan GeMaRI.
Pertemuan Orang Tua Anak Dampingan
Peran orang tua/wali dalam mengembangkan pendidikan adalah faktor penting dalam memotivasi semangat belajar anak, membimbing dan mengarahkan kreatifitas anak.
Forum pertemuan ini juga mengukur kinerja dampingan dalam hal pelibatan partisipasi orang tua anak sekaligus juga merupakan umpan balik terhadap program yang dilakukan oleh GeMaRI didaerah dampingan. Meningkatkan peran kontrol orang tua dalam pendidikan anak.
Warung Baca Anak dan Remaja
Warung Baca merupakan bagian penting dalam mendukung program pendidikan. Dalam menerapkan konsep yang unik yaitu dengan memadukan seni kreativitas (melukis dan menggambar) akan menghadirkan suasana bermain sambil belajar dengan nyaman.
Warung Baca dapat diakses bebas oleh anak-anak dan remaja disekitarnya. Sedangkan untuk anak-anak wilayah dampingan mengunjungi perpustakaan secara regular dari masing-masing wilayah dampingan. Selain itu, Warung Baca memiliki kegiatan-kegiatan rutin yang dapat di ikuti oleh anak-anak dan remaja.
Diskusi Buku
Diskusi tentang buku adalah agenda 4 (empat) bulanan Warung Baca. Adapun pembahasan yang dilakukan meliputi bacaan yang sering dibaca oleh anak-anak baik komik, dongeng dan ilmu pengetahuan. Tujuan dilakukan diskusi tentang buku adapun sebagai upaya mengasah pola pikir anak-anak dalam mengecam bacaan yang dibaca. Kegiatan ini difasilitasi oleh tenaga volunteer GeMaRI.
Kegiatan Menulis
Kegiatan kelas menulis ini bertujuan untuk melatih anak-anak agar dapat menulis dan berkarya dalam bentuk tulisan, meningkatkan kreatifitas dan partisipasi anak-anak dampingan GeMaRI. Kegiatan ini tidak hanya membuat karya tulisan saja tetapi anak-anak didampingi untuk berinteraksi dengan narasumber melalui teknik wawancara.
Wartawan Cilik
Tujuan dari wartawan cilik ini lebih difokuskan pada usaha melahirkan karya-karya anak dalam bentuk media. Isi dari media ”kecil” tersebut adalah tulisan atau gambar-gambar karya dari anak-anak dampingan. Media ini terbit 3 bulan sekali sebanyak 4 halaman.
Anak-anak belajar tentang rapat redaksi, peliputan dan pengumpulan bahan, kliping serta tehnik pengambilan gambar melalui kamera sederhana.
Pinjaman Buku Bacaan
Proses pinjaman buku bacaan adalah kegiatan rutin yang dilakukan didalam warung Baca GeMaRI kepada anggotanya, pengelolaan peminjaman dikelola oleh pustakawan dari GeMaRI.
Multimedia
Pemanfaatan dalam proses belajar dan mengajar dalam dunia multimedia sangatlah perlu sebagai salah satu penunjang untuk melahirkan kreativitas anak-anak dalam merangsang pola pikirnya. adapun bentuk kegiatan yang dimaksud : pemutaran film kartun bermamfaat dan pemutaran film ilmu pengetahuan.
Komunitas Baca GeMaRI
tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini yaitu, menumbuh kembangkan minat baca bagi masyarakat. komunitas ini juga bermamfaat sebagai ajang diskusi tentang perkembangan dunia ilmu pengetahuan. kegiatan ini difasilitasikan oleh tenaga volunteer dan staff GeMaRI.
0 komentar:
Posting Komentar