29 Mei 2009

Dukung Wajib Belajar "Anak Usia Sekolah Dilarang Bekerja"

IDI - Dalam rangka mendukung program wajib belajar sembilan tahun yang digalakkan pemerintah, Panglima Laot Kuala Idi mengeluarkan maklumat pelarangan anak usia sekolah bekerja di lingkungan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Kuala Idi, Aceh Timur. Imbauan resmi itu ditandai dengan pemasangan pamplet oleh Panglima Laot dan para nelayan di kawasan tersebut.

Panglima Laot Lhok Idi, Muslem H Musa kepada wartawan, Rabu (27/5) mengatakan, langkah itu dilakukan pihaknya demi ketertiban dan keselamatan pekerja di lingkungan PPI. Sekaligus untuk mendukung realisasi program pemerintah dalam rangka upaya wajib belajar sembilan tahun. Dikatakannya, selama ini aktivitas anak usia sekolah sangat ramai di PPI Idi. Karena itu, pihaknya bersama pengusaha ikan melarang anak-anak bekerja, agar mereka dapat bersekolah sebagaimana anak lainnya.

“Menurut hemat kami, anak-anak itu selama ini sangat lalai dengan aktivitas mereka. Dalam satu hari mereka dapat mengantongi uang sebesar Rp 100 ribu- Rp 200 ribu/hari. Jadi, kemauan mereka untuk bersekolah sudah tidak ada lagi. Buktinya mereka berkeliaran dari sejak pagi, di waktu jam sekolah,” kata Panglima Muslem.



Dikatakan, larangan ini bertujuan untuk menjaga keselamatan anak-anak itu sendiri, karena di saat kapal nelayan merapat dan menurunkan ikan, aktivitas nelayan tergolong sibuk dan padat. “Kita sangat menyayangkan kalau terjadi terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, ini semua langkah untuk menghindari dari kecelakaan para pekerja,” tandasnya.

Sementara Juru Bicara Asosiasi Pengusaha Ikan Idi Rayeuk( ASPIRA) Faisal Riza menyatakan dukungannya atas larangan yang dikeluarkan tersebut. “Sangat tidak pantas anak usia sekolah melakukan aktivitas mencari rezeki di areal PPI, karena mereka masih pada tahap wajib belajar. Jika ini kita biarkan terus menerus, maka kita khawatir akan masa depan mereka,” ungkap Faisal.

Dikutip pada harian Serambi Indonesia

0 komentar:

 
Gerakan Membaca © 2007 Template feito por Templates para Você