24 Juni 2009

Minat Baca Masyarakat Masih Kurang

BIREUEN - Bupati Bireuen, Nurdin Abdul Rahman, mengatakan hingga kini minat membaca masyarakat Bireuen khususnya dan Aceh umumnya masih kurang. Karena itu, diperlukan upaya untuk membangkitkan kembali minat membaca di kalangan masyarakat. Hal tersebut dikatakan Bupati Bireuen, Nurdin Abdul Rahman, saat membuka Pameran Buku dan Foto-foto Bersejarah Tempo Doeloe, di halaman meuligo bupati setempat, kemarin. Acara bertemakan ‘Aceh Membaca Aceh Berjaya’ kerja sama Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh dengan Kantor Arsip dan Perpustakaan Bireuen itu berlangsung hingga Jumat (26/6) mendatang.



Menurutnya, untuk membangkitkan kembali generasi membaca, perlu merangsang dan memotivasi masyarakat untuk mau membaca. Caranya, kata Nurdin, dengan menyediakan berbagai fasilitas, seperti taman bacaan, perpustakaan keliling, dan buku-buku bacaan yang lengkap baik buku pengetahuan umum, agama, maupun berbagai macam jenis buku bacaan lainnya. “Selain itu, juga perlunya inisiatif warga untuk membaca dengan tujuan supaya menambah ilmu pengetahuan,” ujar Bupati.

Sementara Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Kamaruddin H Husin, kepada Serambi, mengatakan, saat ini pemerintah sedang menggalakkan minat membaca bagi seluruh maayarakat Aceh. Salah satu caranya, sebut Kamaruddin, dengan menggelar pameran-pameran buku dan foto-foto bersejarah di sejumlah kabupaten. Tujunnya. lanjut Kamaruddin, untuk mendekatkan akses masyarakat dengan aset perpustakaan dan memotivasi masyarakat dalam meningkatkan minat membaca.

0 komentar:

 
Gerakan Membaca © 2007 Template feito por Templates para Você