04 Juni 2009

Minat Baca Meningkat, Buku Minim

SIGLI - Perpustakaan Umum Kabupaten Pidie terus berbenah dalam upaya memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa. Namun hingga kini jumlah buku masih minim, sementara minat membaca populasinya meningkat 150 persen.



Petugas di Perpustakaan Umum Kabupaten Pidie, tadi pagi, mengatakan, minat membaca masyarakat Pidie terutama para pelajar dan mahasiswa terus meningkat, dengan populasi hampir mencapai 200 persen atau rata-rata 150 persen per-tahun.

Disebutkan, persediaan buku bacaan di Perpustakaan Umum Pidie sekira 21.000 eksamplar lebih, terdiri dari berbagai jenis dan judul buku. Kondisi ini, dinilai belum sepadan dengan jumlah peminat baca yang setiap hari terus meningkat.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pidie, Drs. Mukhtar Ahmad, juga membenarkan meningkatnya minat baca masyarakat Pidie terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Disebutkan Mukhtar, jika dilihat dari minat baca, maka idealnya buku yang diperuntukkan untuk Perpustakaan Umum Pidie sekira 40.000 lebih dengan beragam jenis dan judul.

Selain itu, kata Mukhtar Ahmad, koleksi buku yang ada sekarang sudah kadaluarsa, artinya banyak buku keluaran tahun lama dan sudah tak sesuai dengan kondisi sekarang. Bahkan, 3.781 eksemplar buku bacaan disortir (tidak layak baca). "Sesuai rekomendasi Sekdakab Pidie beberapa waktu lalu, sejumlah buku yang disortir itu telah dihibahkan ke sebagian sekolah," katanya..

Dikatakannya, pihak Perpustakaan Umum Pidie sudah bekerjasama dengan NGO asing seperti Calgap Kanada, yang konsen dengan pendidikan dan telah mengalokasi dana Rp1,2 miliar.

Mukhtar Ahmad merinci, bantuan dana NGO Calgap itu terdiri dari 2.000 judul buku, enam unit komputer, tiga unit AC, rak buku anti gempa, dan rehab gedung pustaka. Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Pidie itu juga mengharapkan para donatur lainnya dapat berpartisipasi membantu pustaka yang dipimpinnya itu.

0 komentar:

 
Gerakan Membaca © 2007 Template feito por Templates para Você