06 Juli 2009

Bupati Bangun Children Center

NAGAN RAYA - Bupati Nagan Raya T. Zulkarnaini, meresmikan Gedung Children Center(CC) Baitul Iqra Permata Indah. Gedung yang berada di Desa Kuala Tripa, Kecamatan Darul Makmur ini merupakan fasilitas lengkap anak-anak pertama yang ada di Nagan Raya. "Bangunan ini sangat berguna bagi anak-anak kita sebagai pemenuhan hak-hak mereka baik dari bidang pendidikan, kesehatan, maupun tumbuh kembangnya," ujar Bupati Zulkarnaini saat acara peresmian yang dihadiri ratusan warga setempat.



Bupati menyatakan dukungan fasilitas seperti ini sangat berarti pada daerah tersebut. Membantu pada upaya pemenuhan kebutuhan-kebutuhan anak yang merupakan salah satu prioritas Nagan Raya.

Children Center yang pembangunannya digagas Yayasan KKSP (Pusat Pendidikan dan Informasi Hak Anak) dan Terre des Hommes (TDH) sejak enam bulan lalu tersebut memiliki fasilitas yang dilengkapi dengan Taman Kanak-kanak (TK), klinik, Taman Baca Al-Qur'an, pusat kreativitas anak, perpustakaan dan lapangan olah raga. Gedung yang memiliki fasilitas yang lengkap ini adalah satu-satunya di Nagan Raya.

Sebelumnya Manager Operasional KKSP Syamsul, menyatakan dukungan lembaganya dalam pembangunan gedung tersebut merupakan bagian dari perlindungan dan mempromosikan hak-hak anak berbasis masyarakat dan berbasis center.

"Salah satu program berbasis center ini adalah dengan membangun gedung Children Center yang lengkap, termasuk klinik dan taman baca Al Quran, sehingga nantinya anak-anak di Darul Makmur menjadi anak yang kreatif dan mandiri," ujar Syamsul.

Dalam kesempatan itu, Syamsul juga menyatakan pembangunan gedung CC di Nagan Raya didasari kebutuhan anak-anak di Kabupaten Darul Makmur terutama di Desa Kuala Tripa, Babah Lueng dan Drien Tujoh baik dari bidang pendidikan maupun kesehatan karena kurangnya lembaga pendidikan dan kesehatan memadai di daerah tersebut. Apalagi daerah ini relatif jauh dari kawasan ibukota Nagan Raya.

Dalam pembangunannya, partisipasi masyarakat Desa Kuala Tripa dan sekitarnya begitu kental, mereka turut berpartisipasi bergotong royong membersihkan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan CC tersebut, bermusyawarah memberikan nama CC dan pembentukan komite yang akan bertanggungjawab dalam operasional TK tersebut.

"Kami berharap Pak Bupati dapat membantu pengadaan guru TK di CC pasca selesainya fasilitasi yang dilakukan KKSP tahun 2011 nanti. Selain itu, ke depannya kami berharap kabupaten ini juga memiliki Qanun Perlindungan Anak sehingga upaya-upaya memberikan yang terbaik bagi anak semakin baik," ujar Syamsul.

Sebagai tanda syukur selesainya gedung tersebut, masyarakat Desa Kuala Tripa memasak daging kerbau yang disantap bersama dengan Bupati Zulkarnaini dan dilanjutkan dengan dialog antara bupati dengan masyarakat desa.

0 komentar:

 
Gerakan Membaca © 2007 Template feito por Templates para Você